logo


Covid-19 dan Cara Sederhana Mencegahnya

7 hal yang perlu kita pahami tentang virus Corona Covid-19

11 April 2020 16:31 WIB

Ilustrasi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mewabahnya Virus Corona Covid-19 di seluruh penjuru dunia telah menginfeksi setidaknya lebih dari 1,6 juta orang dan menewaskan lebih dari 100.000 orang. Di Indonesia, jumlah kasus yang terdata sejauh ini mencapai 3,842 kasus dengan 327 diantaranya berakhir dengan kematian.

Meski sangat menyeramkan, namun beberapa hal sederhana ini perlu dipahami untuk mencegah penularan virus tersebut.

1. Tak Menyebar lewat Udara


Wabah Covid-19, Puluhan Turis Asing Masih Terjabak di Mentawai

Virus Corona Covid-19 tidak menular melalui udara, namun melalui tetesan atau cairan tubuh seperti liur (droplets). Maksudnya, jika kita tidak sengaja menyentuh sebuah permukaan benda dimana virus tersebut menempel kemudian langsung mengusap muka, terutama bagian hidung atau mulut, virus tersebut akan langsung masuk ke dalam tubuh. Penularan virus tersebut sangat mirip dengan influenza.

2. Jaga Kebersihan

WHO menjelaskan cara mudah untuk menghindari penularan virus ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan dan mempraktekkan perilaku hidup sehat. Seperti dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

3. Gunakan masker saat berada di luar ruangan.

Memakai masker dari bahan kain ataupun masker medis di tempat umum dapat mencegah penularan virus tersebut.

4. Istirahat dan Isolasi Mandiri

Bagi seseorang yang sedang tak enak badan serta memiliki gejala batuk dan demam, sebaiknya langsung memisahkan diri dari orang lain dan beristirahat secara total.

5. Tetap Berada di Rumah dan Hindari Bepergian

WHO dan pemerintah menyarankan untuk sementara waktu mengurangi kegiatan di luar ruangan. Tetap berada di rumah selama wabah ini belum berakhir adalah sebuah langkah yang paling masuk akal untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Jika pun harus pergi keluar rumah untuk sesuatu yang mendesak, semaksimal mungkin lakukan semua perilaku hidup sehat serta tetap menjaga jarak dengan orang lain atau physical distancing.

6. Segera Hubungi Pihak Medis

Jika mengalami gejala demam tinggi diatas 37-38 derajat Celcius, batuk kering yang tak kunjung membaik, serta kesulitan bernafas, sebaiknya segera hubungi pihak medis agar langsung mendapatkan perawatan secara intensif.

7. Jangan Diskriminasi Mereka yang Tertular

Jika ada tetangga atau kerabat tertular virus ini, segeralah melakukan pembatasan interaksi fisik dengan mengisolasinya, namun jangan melakukan diskriminasi. Tetap berikan dukungan bagi mereka untuk dapat melewati penyakit ini.

Sama seperti penyakit menular lain, dalam menghadapi virus Covid-19, kita harus memahami dengan benar bagaimana cara menjaga kebersihan, menerapkan pola hidup sehat, dan semaksimal mungkin menjaga sistem imun tubuh selalu dalam kondisi baik. Kita harus terus waspada namun jangan panik.

 

WHO Bilang Pencabutan Status Karantina Wilayah saat Ini Bisa Picu Gelombang Kedua Wabah Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia