logo


Banyak yang Ciptakan Vaksin Covid-19, Kapan Bisa Digunakan?

Hingga saat ini ada sekitar 35 perusahaan dan lembaga membuat vaksin corona

10 April 2020 12:11 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini banyak yang berupaya menemukan vaksin virus corona (Covid-19) agar tidak lagi jatuh korban. Hingga saat ini ada sekitar 35 perusahaan dan lembaga membuat vaksin corona.

"Setidaknya empat di antaranya sudah memiliki kandidat (vaksin) yang telah mereka uji pada hewan," seperti dilansir dari The Guardian melalui CNBC, Jumat (10/4).

Perusahaan biotek Moderna yang berbasis di Boston berupaya menciptakan vaksin corona. Rencananya vaksin tersebut akan segera diujicobakan ke manusia.


Meningitis Kriptokokus, Radang Selaput Otak Karena Infeksi Jamur pada Penderita HIV/AIDS

Lalu perusahaan yang berbasis di Maryland, Novavax, sudah menciptakan vaksin corona yang akan diuji ke manusia pada bulan Mei.

Proses pembuatan vaksin yang cepat karena ada campur tangan dari pemerintah China. Ketika muncul wabah corona, pada Januari awal lalu pemerintah China telah membuat urutan gen virus yang dinamakan Sars-CoV-2.

"[Langkah China] memungkinkan kelompok penelitian di seluruh dunia untuk menumbuhkan virus hidup dan mempelajari bagaimana virus itu menyerang sel manusia dan membuat orang sakit," tambahnya.

Akan tetapi, hingga saat ini belum dipastikan kapan vaksin akan diperoleh dan didistribusikan ke masyarakat secara luas.

"Pengalaman kami dengan pengembangan vaksin adalah bahwa Anda tidak dapat mengantisipasi ke mana Anda akan sampai," kata Richard Hatchett, CEO Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (Cepi).

Peneliti Sebut Pembatasan Sosial Harus Tetap Dilaksanakan Hingga Vaksin Covid-19 Ditemukan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata