logo


Sekolah di Rumah, KPAI Minta Orang Tua Tidak Terlalu Menekan Anak

Orang tua harus menciptakan suasana yang nyaman buat anak

10 April 2020 09:42 WIB

suaramerdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini kegiatan belajar mengajar yang menjadi tugas guru di sekolah digantikan oleh orang tua.

KPAI mengimbau orang tua untuk bersama-sama mengasuh anaknya secara bergantian.

"KPAI mengimbau ayah dan ibu bersama-sama mengasuh bergantian. Jadi tanggung jawab dipikul bersama, bukan hanya ibu," kata Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati seperti diberitakan Detikcom, Jumat (10/4).


UN Ditiadakan, Fadli Zon: Ini yang Terbaik

Menurutnya, kekerasan terhadap bisa saja terjadi karena beberapa aspek, seperti ekonomi karena penghasilan berkurang atau pekerjaan rumah bertambah.

"Dari aspek ekonomi penghasilan berkurang. Di sisi lain banyak orang tua yang tetap harus bekerja di rumah, masih ngawasi anak-anak sekolah daring. Kemudian aktivitas domestik meningkat, pada pekerjaan domestik juga dikerjakan bersama. Anak-anak yang sudah cukup umur juga sekalian belajar keterampilan hidup membantu pekerjaan rumah sesuai usia dan kemampuannya," katanya.

Rita menyebut orang tua harus menciptakan suasana yang nyaman buat anak dan membangun komunikasi dengan sekolah jika mengalami kesulitan dalam mengajar.

"Orang tua harus menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan buat anak. Orang tua juga perlu mengkomunikasikan dengan sekolah jika ada kesulitan belajar. Jadi bukan anak yang ditekan, dan orang tua harus menyadari anak-anak masih belajar menjalani proses ini. Jadi Ortu jangan perfeksionis, bimbing dan dampingi anak-anak," kata Rita.

Corona Tak Kunjung Reda, DKI Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga 5 April

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata