logo


Selama 3 Bulan, Jokowi Beri Rp600 Ribu untuk Sopir dan Kernet

Kebijakan perlindungan sosial untuk menanggulangi dampak akibat pandemi Covid-19

9 April 2020 19:00 WIB

Presiden RI Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. Gettyimages

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan perlindungan sosial kepada pekerja informal seperti pengemudi taksi, sopir hingga kernek. Keputusan tersebut diambil untuk menanggulangi dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

Jokowi mengatakan bantuan tersebut akan masuk dalam program keselamatan yang dilaksanakan Polri.

"Yang terakhir Polri juga akan melaksanakan program keselamatan," ujar Jokowi melalui saluran resmi Sekretaris Presiden secara virtual, Jakarta, Kamis (9/4).


Jokowi Masih Galau Soal Larangan Mudik, Ada Faktor Ekonomi yang Masih Dikaji

Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp360 miliar.

"Targetnya 197 ribu pengemudi taksi, sopir bus/truk dan kernet, akan diberikan insentif Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp360 miliar," ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga telah menyampaikan beberapa kebijakan perlindungan sosial bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Pertama, Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan disalurkan mulai April selama tiga bulan.

Kedua, program Kartu Sembako untuk 20 juta penerima. Penerima akan mendapatkan Rp200 ribu per bulan mulai Maret-Desember. Ketiga, program Kartu Pra Kerja untuk 5,6 juta peserta dengan total anggaran Rp20 triliun. Peserta akan menerima pelatihan, insentif bulanan.

Saat ini pemerintah tengah melakukan pendataan pekerja terdampak Covid-19 baik yang ter-PHK, dirumahkan dengan unpaid leave, serta mengalami penurunan income.

Keempat, pemerintah memberi diskon 50% bagi pelanggan 900 VA Subsidi dan menggratiskan listri bagi pelanggan 450 VA selama bulan April-Juni 2020.

Kelima, stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk meringankan beban UMKM.

Pemerintah Revisi APBN Akibat Wabah Covid-19, Begini Respon Ketua Fraksi PPP DPR RI

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata