logo


Wabah Covid-19, Jokowi Bakal Bagi-bagi BLT Rp 600/bulan bagi Warga di Luar Jabodetabek

"Untuk masyarakat di luar Jabodetabek akan diberikan bantuan sosial tunai kepada 9 juta KK yang tidak menerima bansos PKH maupun bansos sembako," kata Jokowi

9 April 2020 16:45 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah segera memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu kepada masing-masing Kepala Keluarga (KK) bagi masyarakat yang tinggal di luar wilayah Jabodetabek. Jokowi menyebut bantuan tersebut khusus untuk 9 juta KK yang tidak menerima bantuan sosial PKH ataupun sembako.

"Untuk masyarakat di luar Jabodetabek akan diberikan bantuan sosial tunai kepada 9 juta KK yang tidak menerima bansos PKH maupun bansos sembako," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/4).

Jokowi menjelaskan, dana Rp 600 ribu itu nantinya akan dibagikan setiap bulan, selama 3 bulan.


Komisi VI DPR RI Minta Kemenperin Berdayakan IKM Penuhi Kebutuhan Masker

"Sekali lagi kepada 9 juta KK sebesar Rp 600 ribu per bulan, selama 3 bulan. Dan total anggaran yang disiapkan adalah Rp. 16,2 triliun," kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari P Batubara sebelumnya telah menjelaskan, penerima BLT tersebut ialah warga masyarakat yang belum terdaftar dalam program jaring pengaman sosial pemerintah lain seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), ataupun Kartu Prakerja.

"Ini siapa yang menerima adalah seluruh keluarga yang ada di dalam data terpadu kami yang belum terima Bansos seperti PKH, BPNT atau pun nanti Kartu Prakerja," ujarnya.

Jokowi Minta Para Pengusaha Tak Pecat Karyawan di Tengah Wabah Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia