logo


Wabah Covid-19, PPP Minta Menperin Awasi Keselamatan Kerja Para Buruh

Politisi PPP tidak ingin ada PHK di tengah pandemi Covid-19

9 April 2020 12:08 WIB

Elly Rachmat Yasin
Elly Rachmat Yasin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VI DPR RI, Elly Rachmat Yasin mendorong Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengingatkan semua sektor industri agar jangan sampai melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) walaupun atas nama bencana Covid-19.

Dia meminta seluruh sektor industri agar memperhatikan hak-hak serta kebutuhan tenaga kerjanya.

Menurutnya di tengah situasi darurat kesehatan akan Covid-19, jangan sampai para buruh justru malah kehilangan sumber pendapatan dan kehilangan hak-haknya sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.


Pengakuan Perawat Corona: Pake APD Itu Panasnya Luar Biasa, Tangan Mengkerut Seperti Lama Berenang

“Saya menyampaikan harapan masyarakat agar jangan sampai ada PHK walaupun atas nama bencana Covid-19. Di tengah situasi darurat kesehatan akan Covid-19, para buruh jangan malah kehilangan sumber pendapatan serta kehilangan hak-haknya sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Dalam kondisi seperti ini, justru masyarakat memerlukan banyak kemudahan,” ujar Elly di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Politisi Fraksi PPP ini juga menyoroti masih banyak tenaga kerja padat karya di pabrik-pabrik yang kerja bergerombol. Pabrik-pabrik tersebut tidak mengindahkan protokoler penanganan Covid-19, bahkan ada pula yang tidak menggunakan masker.

Elly meminta Menperin mengawasi pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja serta melakukan pencegahan penularan Covid-19 di setiap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

“Jadi, saya mohon kepada Pak Menteri melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja. Serta, pencegahan penanganan bencana nasional Covid-19 di setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Terutama, sektor industri padat karya termasuk menyediakan fasilitas pengadaan hand sanitizer dan masker,” pungkasnya.

Sebut Kabar Buruk, Denny Siregar: Virus Corona, Sesudah Itu PHK

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata