logo


Pengakuan Perawat Corona: Pake APD Itu Panasnya Luar Biasa, Tangan Mengkerut Seperti Lama Berenang

Cerita perawat saat memakai APD

9 April 2020 10:14 WIB

Pasien Suspect Corona di Rumah Sakit Yogyakarta
Pasien Suspect Corona di Rumah Sakit Yogyakarta Twitter

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Seorang perawat di rumah sakit Makassar yang berinisial I membagikan ceritanya saat menangani pasien corona, termasuk saat menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Pake APD itu kan panasnya luar biasa. Itu kalau kita buka, kita sudah mandi keringat. Tangan sudah putih mengkerut seperti sudah lama renang," kata I seperti dilansir detikcom, Rabu (8/4/2020).

Tak hanya berkeringat, namun ada luka yang membekas di pipi maupun hidung. Meskipun terasa sakit, namun ia tidak menyerah untuk terus membantu menangani pasien corona.


Usai Dikecam Donald Trump, WHO Minta Covid-19 Jangan Dipolitisasi

"Ada di daerah pipi dan hidung bekas masker. Tapi, kalau saya pribadi paling terasa di hidung sampai muncul kayak jerawat. Jadi, saya pake hypafix untuk di bagian hidung supaya ndak langsung kena kulit," ujarnya.

Meski terasa sakit, ia mengatakan bahwa rasa sakitnya akan hilang setalah dua hari. Ia pun menyampaikan bahwa ia sanggup menggunakan APD selama tiga jam.

"Saya hanya bisa pakai itu (APD) selama tiga jam saja. Saya sendiri tidak tahu dari WHO itu berapa lama pemakaiannya. Tapi kalau kami selalu bilang ke teman-teman yang lain kalau tidak sanggup buka saja," ungkapnya.

Diketahui penggunaan APD sangat banyak atributnya. Mulai dari makser bedah, masker N95, tutup kepala, hazmat, handscoen non steril, handscoen steril, jas huja, boot, dan penutup wajah.

Pandemi Corona, PA 212 Layangkan Sejumlah Tuntutan: Termasuk Penghentian Proyek Ibu Kota Baru

Halaman: