logo


Trump Ancam Potong Dana Bantuan Penanganan Covid-19, WHO: Kami Masih Berada di Fase Akut Pandemi

"Kami masih berada di fase akut pandemi. Jadi, waktunya tak tepat jika memotong anggaran," kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Dr Hans Kluge

8 April 2020 20:45 WIB

reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ancaman Presiden AS Donald Trump yang akan memotong anggaran bantuan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena dianggap terlalu pro-China, langsung mendapat respon dari WHO.

Direktur Regional WHO untuk Eropa, Dr Hans Kluge, menilai ancaman Trump tersebut sangat tidak tepat mengingat situasi wabah Covid-19 saat ini tengah memuncak di berbagai belahan dunia.

"Kami masih berada di fase akut pandemi. Jadi, waktunya tak tepat jika memotong anggaran," terangnya dikutip dari Kompas.com pada Rabu (8/4).


Segera Berlakukan PSBB, Ini Persiapan Pemkot Bekasi

Sementara itu penasihat senior WHO, Dr Bruce Aylward, menyatakan pihaknya tak hanya bekerja sama dengan China saja terkait pandemi virus corona.

"Hal ini juga kami lakukan dengan negara terdampak lain seperti Spanyol, tidak secara spesifik ke China," tegasnya dikutip Reuters Rabu (8/4/2020).

Aylward juga meminta semua negara untuk sementara waktu menutup pintu bagi semua orang yang melakukan perjalanan dari China. Ia menilai, pemerintah Tiongkok telah berpengalaman dalam menangani wabah tersebut.

Sebelumnya, dalam sebuah konferensi pers, Trump mengancam akan memotong bantuan dana kepada WHO.

"Kami akan menahan uang yang dihabiskan untuk badan kesehatan WHO," ujar presiden dari Partai Republik itu, kepada awak media.

Presiden ke-45 AS itu juga tak mengindahkan saran WHO untuk menutup semua penerbangan dari dan menuju China pada bulan Februari lalu.

"Untungnya, saya menentang saran mereka agar membiarkan perbatasan terbuka terhadap China," ujar Trump.

Akibatnya, kini Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus positif tertinggi dunia dengan jumlah kasus lebih dari 400.000, dimana lebih dari 12.000 orang tewas akibat wabah virus corona.

 

Pemakaman Pasien Covid-19 Sudah Sesuai Prosedur, MUI Minta Warga Tak Lagi Lakukan Aksi Penolakan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia