logo


Ada Lonjakan Trafik Seluler Menjelang Lebaran, Kominfo: Masih didalam Kendali

"Kami saat ini sedang bekerja bersama-sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi pada saat kenaikan trafik yang besar di hari bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri nanti kemungkinan kenaikan trafik antara 30 sampai 40 persen," ujar Johh

8 April 2020 18:16 WIB

Sekjen NasDem, Johnny G Plate
Sekjen NasDem, Johnny G Plate Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memprediksi adanya lonjakan trafik seluler mencapai 40 persen menjelang Lebaran 2020.

"Kami saat ini sedang bekerja bersama-sama dengan operator seluler untuk mengantisipasi pada saat kenaikan trafik yang besar di hari bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri nanti kemungkinan kenaikan trafik antara 30 sampai 40 persen," ujar Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Johnny mengatakan, lonjakan trafik tersebut lebih besar jika dibanding dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya saat belum terjadi wabah Covid-19.


Sebut Foto Tanpa Busana Tara Basro sebagai Seni, Menkominfo: Saya Sudah Lihat Fotonya kok

Untuk itu, pihaknya akan memastikan ketersediaan bandwidth dari operator seluler, sehingga saat ini Kominfo belum perlu menambah broadband atau jangkauan frekuensi.

"Kami juga bersama operator seluler memastikan terjaganya bandwidth yang cukup hingga saat ini kita belum ada kenaikan yang terlalu luar biasa, masih di dalam kendali dan kapasitas broadband yang tersedia," terang Johnny.

Johnny menyatakan pihaknya meminta kepada seluruh penyedia jaringan dan operator untuk selalu menjaga kualitas jaringan. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan jaringan internet, salah satunya dengan mewaspadai dan tidak menyebar berita hoaks.

"Kami juga menyampaikan dan berharap pada masyarakat agar menggunakan ruang digital kita secara sehat, secara cerdas, dan secara bermanfaat," tegas Johnny.

 

Terkait Situs Virus Corona, Menkominfo Tegur Pemprov Jakarta Karena Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia