logo


Minta Pembahasan RUU KUHP Ditunda, Fraksi Demokrat: Seharusnya Pemerintah Fokus Bantu Rakyat Lawan Covid-19

"Di saat jeritan penderitaan rakyat, maka seharusnya wakil rakyat dan pemerintah fokus untuk membantu rakyat melawan COVID-19 dan virus Corona," kata Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto

8 April 2020 17:33 WIB

Gedung DPR
Gedung DPR Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto meminta Komisi III untuk menunda pembahasan RUU KUHP (Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) dan RUU Pemasyarakatan. Ia meminta pemerintah untuk lebih fokus pada penanganan wabah virus Corona Covid-19.

"Di saat jeritan penderitaan rakyat, maka seharusnya wakil rakyat dan pemerintah fokus untuk membantu rakyat melawan COVID-19 dan virus Corona," kata Didik dalam keterangan pers, Rabu (8/4).

"Tunda dulu (pembahasannya)," lanjutnya.


Bantu Masyarakat Kurang Mampu, Hotman Ajak DPR Sumbangkan Gaji untuk Beli Beras

Didik Mukrianto mengatakan sejauh ini masih belum ada rapat internal di Komisi III DPR terkait masalah teknis dimulainya pembahasan RUU KUHP dan Pemasyarakatan (PAS).

Terlebih permintaan usulan nama-nama panitia kerja dari Komisi III, yang membidangi masalah hukum, masih belum diterima oleh Fraksi Demokrat.

Sejumlah substansi RUU KUHP diketahui sempat menuai kontroversi dan menimbulkan aksi demonstrasi besar pada September 2019.

Presiden Jokowi bahkan harus melakukan penundaan terkait pembahasan RUU KUHP tersebut.

"Setelah mendengar masukan-masukan saya berkesimpulan masih ada menteri yang membutuhkan pendalaman lebih lanjut," kata Jokowi saat jumpa pers pada Jumat, 20 September 2019.

Minta Pemerintah dan Masyarakat Solid, Menko PMK: Pelaksanaan PSBB di Lapangan Tidak Mudah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia