logo


Penting Bagi Rakyat, Jokowi Tekankan Bansos Harus Tepat Sasaran

Jokowi menekankan agar penyaluran bansos dapat direalisasikan secepatnya dengan mekanisme penyaluran yang efisien

7 April 2020 14:06 WIB

Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019
Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara disebut akan segera menggelontorkan bantuan berupa 200 ribu paket sembako bagi masyarakat Jabodetabek yang terdampak pandemi virus corona.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) yang telah ditetapkan pemerintah harus benar-benar praktis dan tepat sasaran.

"Karena program-program ini penting bagi rakyat, saya ingin menekankan bahwa pelaksanaannya harus betul-betul tepat sasaran," kata Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) mengenai efektivitas penyaluran program jaring pengaman sosial di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, melalui video conference, Selasa, (7/4).


GMKI: Said Didu dan Faisal Basri Menyesatkan dan Tidak Berdampak Positif dalam Penanganan Covid-19

Jokowi mengatakan bahwa data-data kelompok penerima bansos harus dapat merinci manfaatnya, supaya keakuratannya dapat terjamin. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta pemerintah daerah dan desa untuk terlibat secara langsung dalam pelaksanaan program ini.

Dia menekankan agar penyaluran bansos dapat direalisasikan secepatnya dengan mekanisme penyaluran yang efisien. Sang kepala negara menginginkan mekanisme praktis supaya distribusi lebih mudah.

"Gunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit dan (tidak) menyulitkan masyarakat. Rancang mekanisme yang melibatkan sektor usaha mikro dan kecil, pedagang sembako di pasar, dan jasa transportasi ojek, sehingga bisa mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah," ujarnya.

Gelar 'Konser Nyanyi di Rumah', Iwan Fals: Soal Tiket Itu Kesadaran Aja ya

Halaman: 
Penulis : Iskandar