logo


Idham Azis Larang Anggotanya Mudik, Pengamat: Lembaga Lain Perlu Mencontoh

Kapolri memerintahkan anggotanya untuk tidak mudik demi memutus rantai penyebaran Covid-19

7 April 2020 10:28 WIB

Idham Aziz
Idham Aziz Doc Jitu

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kepala Kepolisian RI Jenderal Idham Azis telah memerintahkan seluruh jajarannya, juga PNS pada Polri, tidak mudik pada Hari Raya 2020. Termasuk tidak mudik adalah keluarga mereka.

Perintah itu disampaikan lewat Surat Telegram Nomor: ST/1083/IV/KEP./2020 tertanggal 3 April 2020. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran penularan pandemi virus Corona atau Covid-19.

Seorang pengamat sekaligus anggota Ombudsman Lestantya R. Baskoro menilai langkah yang diambil oleh Idham sangat tepat dan perlu diikuti lembaga lain.


Sebut Tim Medis Kekurangan APD, Rizieq Shihab Minta Pengikutnya Galang Dana Besar-besaran

“Perintah Kapolri menunjukkan bagaimana Idham dengan tepat dan tegas melaksanakan tanggung jawabnya atas dua hal sekaligus: menjaga ketertiban masyarakat dan penyebaran virus Corona atau Covid-19,” kata Lestantya, seperti dikutip dari Tagar, Selasa (7/4).

“Kita memahami bagaimana sulitnya Pemerintah jika mengeluarkan larangan ‘tidak boleh mudik’ ini. Tradisi mudik yang sudah berakar dan alasan ekonomi akan menjadi pemicu utama masyarakat tetap nekad mudik. Kesadaran social distancing masyarakat kita untuk menangkal penyebaran virus ini, harus diakui, relatif rendah. Tak hanya oleh mereka yang berpendidikan rendah, juga terpelajar -baik ilmu maupun agama,” lanjutnya.

Menurutnya, diperlukan kesadaran setiap orang untuk stay at home, tidak pulang kampung atau mudik lebaran. Tindakan itu, lanjut Lestantya, dirasa tepat untuk membasmi virus corona.

“Namun, andai ini pun sulit untuk ‘disadarkan’, maka tindakan semacam yang dilakukan Kapolri Jenderal Idham Azis yang melarang seluruh anggotanya mudik adalah tepat. Lembaga lain perlu mencontoh tindakan Jenderal Idham Azis,” tuntasnya.

Soal Imbauan Tak Mudik, Denny Siregar: Bagaimana Bertahan Hidup dengan Perut Terisi

Halaman: 
Penulis : Iskandar