logo


Antisipasi Corona, Pertamina Berikan 6 Wastafel Portable di Puskesmas Kecamatan Senen

Adanya wastafel mempermudah pengunjung untuk terus hidup sehat dengan sering mencuci tangan

7 April 2020 09:12 WIB

Pertamina berikan Wastafel Portabel di Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta Pusat
Pertamina berikan Wastafel Portabel di Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta Pusat Pertamina MOR III

JAKARTA, JITUNEWS.COM– Enam Puskesmas di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat sekarang sudah dilengkapi dengan wastafel atau tempat cuci tangan, yang bisa dimanfaatkan bagi pengunjung layanan kesehatan masyarakat. Setiap warga yang beradavdi Puskesmas di seluruh Kecamatan Senen, bisa langsung mencuci tangan terutama sebelum masuk ke Puskesmas, atau saat akan pulang ke rumah.

“Bagus, ada fasilitas cuci tangannya, jadi nggak usah harus antri ke belakang cari kamar mandi atau keran buat cuci tangan,” kata Lela, 48 tahun yang mencoba langsung wastafel bantuan Pertamina Peduli, di Puskesmas Utama Senen, Jalan Kramat VII no.31, Jakarta Pusat awal pekan ini.

Sejak Pemda DKI mengeluarkan edaran bagi warga Jakarta untuk bekerja dan bersekolah di rumah pada 16 Maret, layanan kesehatan menjadi salah satu pusat pelayanan masyarakat yang dikecualikan dan masih buka. Sebagai pusat kesehatan masyarakat, kehadiran puskesmas masih diperlukan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau bagi berbagai keluhan penyakit.


Ingatkan Jokowi Berhati-hati Klaim Tak Masuk 10 Besar Kasus Corona Tertinggi, CIPG: Yang Dites Sedikit

Kepala Puskesmas Utama Senen, drg.Lindawati, M.Kes menyatakan, di tengah pandemi Covid-19. Puskesmas di lingkungan DKI Jakarta menjadi salah satu pusat layanan kesehatan sekaligus menjadi lembaga yang wajib memberikan edukasi ke masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Layanan di Puskesmas Utama Senen tidak terbatas pada layanan kesehatan umum, namun juga terdapat poli gigi, rawat inap kebidanan, dan lainnya, yang buka setiap hari kerja dari jam 7 pagi hingga 4 sore.

“Kami berterima kasih sekali atas bantuan dari Pertamina ini, sehingga selain mengedukasi kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan juga membantu kami dalam menghemat penggunaan hand sanitizer yang saat ini kondisi di pasaran sangat langka dan mahal harganya,” jelasnya.

Bantuan 6 unit perlengkapan cuci tangan berkapasitas 300 liter air tersebut, ditempatkan di Puskesmas Utama Kecamatan Senen serta bebetapa Puskesmas Pembantu di Kecamatan Senen, yakni Puskesmas Kelurahan Bungur Jl Bungur Besar IX No 20 Rt 14/ Rw 01; Puskesmas Kelurahan Kenari Jl Jambrut No 22 Rt 07/ Rw 02; Puskesmas Kelurahan Keramat Jl Kramat Sentiong 1 No 33 Rt 10/ Rw 77; Puskesmas Kelurahan Paseban Jl Kramat Sawah 07 .Rt 06 / Rw 07 dan Puskesmas Kelurahan Kwitang Jl Kramat Kwitang 1c No 27 Rt 06 /Rw 04.

Unit Manager Communication Relation & CSR Marketing Operation Region III Dewi Sri Utami menyampaikan, bantuan unit tempat cuci tangan portable tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, dimana Kecamatan Senen merupakan wilayah ring I dari Kantor Pertamina Marketing Operation Region III di Kramat Raya, Jakarta.

“Kami berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat. Kami juga memasang informasi edukasi mencuci tangan yang benar serta pesan kesehatan bagi masyarakat, di sekitar wastafel. Diharapkan bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan secara jangka panjang dan berguna bagi masyarakat banyak, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk perilaku hidup bersih sehat," jelasnya.

Bantuan 6 unit wastafel portable tersebut tersalur sejak tanggal 2 hingga 6 April 2020 secara bertahap. Sebelumnya, Pertamina juga telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat.

Berusia Lanjut, Jokowi Diminta Bebaskan Abu Bakar Baasyir di Tengah Pandemi Corona

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×