logo


WHO: Pemakaian Masker di Daerah yang Kekurangan Air atau Kondisi Tinggal Berdekatan

WHO menghimbau penggunaan masker di area yang sulit cuci tangan

7 April 2020 05:36 WIB

Upaya Mencegah Virus Corona
Upaya Mencegah Virus Corona dok PLN

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau pemakaian masker hanya dibenarkan untuk didaerah yang sulit untuk mencuci tangan ataupun bagi orang yang sulit menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik.

"Negara seharusnya mempertimbangkan pemakaian masker di mana cara lain seperti membersihkan tangan dan physical distancing sulit dicapai karena kekurangan air atau kondisi tinggal yang berdekatan," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat rapat virtual di Ganeva seperti dilansir AFP, Senin (6/4/2020).

Tedros menyoroti penggunaan masker di beberapa negara untuk mencegah penyebaran corona. Beberapa negara menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker baik masker medis maupun masker non medis.


Cegah Corona, PKS Desak Pemerintah Gelar Tobat dan Dzikir Nasional

Ia memperingatkan bahwa penggunaan masker secara massal dapat menyebabkan kelangkaan masker. Padahal masker sangat dibutuhkan oleh tenaga medis.

Selain itu Tedros juga mengingatkan bahwa tenaga medis sedang dalam keadaan bahaya akibat kelangkaan masker. Oleh karenanya ia meminta penggunaan masker medis hanya untuk orang sakit dan tenaga medis.

Sindir Permankes PSBB, Pakar Hukum: Cara Menanggapinya Tidak Seperti Mau Perang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati