•  

logo


Jokowi Tak Bebaskan Koruptor, Ini Kata KPK

Jokowi tidak membebaskan napi kasus korupsi ditengah pandemi corona

6 April 2020 14:51 WIB

Juru Bicara KPK Ali Fikri
Juru Bicara KPK Ali Fikri jawapos

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo tidak membebaskan napi kasus korupsi ditengah pandemi virus corona (Covid-19). KPK memberikan apresiasi terhadap keputusan Jokowi tersebut.

"Kami tentu mengapresiasi apa yang telah disampaikan Presiden terkait hal tersebut, karena kita semua tahu bahaya dan dampak dari korupsi," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (6/4).

Ia berharap kementerian Hukum dan HAM memiliki data yang akurat jika mengambil kebijakan. Hal tersebut dilakukan supaya masyarakat memahami dan tidak menimbulkan kekhawatiran.


Pernah Dilarang Terawan, Kini Orang Sehat Juga Harus Pakai Masker

"Kami harap Kementerian Hukum dan HAM memiliki data yang akurat sebelum mengambil kebijakan ditengah Pandemi COVID-19 ini. Sehingga masyarakat bisa memahami kebijakan tersebut dan memastikan bukan atas dasar agenda lain yang menimbulkan khawatiran di masyarakat serta tentu harus dilaksanakan secara adil," ujar Ali.

Ali juga menyinggung mengenai pembenahan pengelolaan lapas, salah satunya soal overkapasitas.

"Rekomendasi hasil kajian KPK tahun 2019 karena dengan cara ini kita bisa memastikan tujuan pembinaan di lapas dapat tercapai, termasuk dalam hal terdapat pandemi COVID-19 ini. Sehingga ke depan over kapasitas dapat diminimalisir dan pemetaan napi yang patut dibebaskan atau tidak pun akan lebih terukur," ucap Ali.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa pembebasan napi kasus korupsi tidak pernah dibahas dalam rapat. Jokowi menegaskan bahwa pembebasan napi dalam pandemi Covid-19 ini adalah napi umum.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa untuk napi koruptor tidak pernah kita bicarakan dalam rapat-rapat kita. Jadi dalam PP 99 tahun 2012 tidak ada revisi untuk ini. Jadi pembebasan untuk napi hanya untuk napi pidana umum," kata Jokowi dalam rapat terbatas lewat video conference, Senin (6/4).

Beberkan Alasan Luhut Tertarik kepada Jokowi, Denny Siregar: Model Kepemimpinannya Mirip Gus Dur

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata