logo


Warga Diminta Gunakan Masker Kain, IDI: Efektifitas Rendah, Akan Tetapi...

Masker kain diklaim bisa mencegah penularan virus corona

6 April 2020 10:38 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto meminta masyarakat menggunakan masker kain apabila melakukan aktivitas di luar rumah. Masker kain diklaim mampu mencegah penyebaran virus orona.

Mananggapi hal tersebut, Humas Ikatan Dokter Indonesia Halim Malik mengatakan bahwa masker kain masih kurang efektif untuk mencegah penularan virus corona dibanding masker bedah. Meski demikian masker kain dapat menghambat droplet yang berpotensi menularkan ke orang lain.

"Efektivitas memang lebih rendah dari masker medis, tapi untuk perlindungan masyarakat umum, itu bermakna dan sudah dibuktikan di negara lain yang secara masal menggunakan masker," kata Halim Malik seperti dilansir detikcom, Minggu (5/4/2020).


BNPB Akui Jumlah Kasus yang Disampaikan Jubir Corona Tidak Sesuai Kenyataan, Penggagas Kawal Covid-19 Merasa Khawatir

"Itu akan menghambat droplet, yang berpotensi menular kepada orang lain di sekitarnya. Itu istilah percikan ludah, itu kan ketika orang bicara, bernafas, batuk, bersin, ada itu sebetulnya ada droplet ikut bersamaan," tambahnya.

Ia menyampaikan bahwa imbauan pemerintah untuk menggunakan masker kain bukan tanpa alasan. Masker kain lebih mudah diproduksi dan dapat dipakai ulang. Alasan kedua yaitu karena masker bedah mulai sulit ditemukan di pasaran, sehingga masker bedah lebih diutamakan untuk tenaga medis.

Kabar Gembira! Debitur Bisa Tangguhkan Cicilan KPR Selama 1 Tahun

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati