logo


Mulai Hari Ini Keluar Rumah Wajib Pakai Masker, Jubir Pemerintah: Ini Jadi Kunci

Pemerintah mewajibkan masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah

6 April 2020 04:42 WIB

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto
Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia saat ini wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Hal tersebut juga senada dengan imbauan organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk menggunakan masker sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Achmad Yurianto mengatakan bahwa masyarakat bisa menggunakan masker kain. Sedangkan petugas medis bisa menggunakan masker bedah maupun masker tipe N95.

"Semua harus gunakan masker, masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain untuk warga, karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit," kata Yuri saat konferensi pers di Gedung BNPB, Minggu (5/4/2020).


Napi Koruptor Dibebaskan, Denny Siregar Kecewa, "Kapan Negeri Ini Bisa Belajar?"

Yuri menyampaikan bahwa masker kain efekstif untuk mencegah penyebaran virus corona. Masker kain bisa di cuci setelah empat jam penggunaan, direndam dengan air sabun, dan nantinya bisa digunakan kembali.

"Ini upaya untuk cegah penularan, karena kita tidak tahu bahwa di luar banyak kasus tanpa gejala potensi menular ke kita. Cuci tangan pakai sabun. Ini jadi kunci," pungkasnya.

Soal Penanggulangan Corona, Fadli Zon Sebut Pemerintah Agak Amatiran

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati