logo


Imbas Pandemi Covid-19, Puluhan Juta Warga AS Jadi Pengangguran

"Lebih dari 45 juta orang Amerika diperkirakan kehilangan pekerjaan mereka," kata Kepala ekonom Stifel, Lindsey Piegza

5 April 2020 11:54 WIB

Ilustrasi PHK
Ilustrasi PHK Istimewa

JAKARTA, JITUNEWSS.COM - Setidaknya ada 701 ribu orang di Amerika Serikat (AS) terpaksa kehilangan mata pencaharian akibat terdampak pandemi virus corona. Data tersebut diluar dari 1,8 juta orang yang dirumahkan karena adanya perlambatan bisnis sebagai dampak kebijakan social distancing.

Biro Statistik AS mencatat 701 orang pengangguran ini merupakan yang terbesar yang pernah ada dalam 10 tahun terakhir, sejak September 2010.

Mengutip dari CNN Indonesia.com, Minggu (5/4), tingkat pengangguran di AS meningkat hingga 4,4 persen yang merupakan rasio tertinggi sejak bulan Agustus 2017 dan perubahan satu bulan terbesar sejak Januari 1975.


Ada 113,704 Kasus Positif, Gubernur New York Sebut Long Island Bisa Jadi Pusat Covid-19 Selanjutnya

Sebagian besar buruh yang dirumahkan sebelumnya bekerja di restoran dan bar. Jumlahnya tercatat ada 417 ribu orang. Toko retail juga tercatat telah memecat 46 ribu pekerjanya. Selain itu, sektor kesehatan juga terdampak. Setidaknya 43 ribu orang yang bekerja di industri kesehatan telah kehilangan pekerjaan karena kunjungan rutin ke klinik dan dokter gigi menurun drastis.

Situasi ekonomi AS diprediksi akan lebih parah pada bulan depan. Pasalnya, berbagai sektor juga iktu terdampak karena wabah dan situasi ini terutama sektor perhotelan, pariwisata, dan hiburan, dan penerbangan.

"Pekerjaan kerah putih (formal) juga tidak akan aman dari situasi ini," kata pakar ekonomi Daniel Zhao di situs karier Glassdoor.

Bulan Mei nanti, diperkirakan hampir 10 juta orang AS menjadi pengangguran. Pemerintah AS sendiri akan memilah siapa saja yang akan mendapat tunjangan.

Sementara itu, St Louis Fed memperkirakan angka pengangguran di AS dapat menyentuh angka 30 persen. Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala ekonom Stifel, Lindsey Piegza yang menyebut lebih dari 45 juta warga AS kehilangan pekerjaan mereka.

"Lebih dari 45 juta orang Amerika diperkirakan kehilangan pekerjaan mereka," ucap Piegza.

Anies Terbitkan Memo Wajibkan Penumpang Transportasi Umum Gunakan Masker

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia