logo


Ritel Modern, Apotek dan Warung Makan Tetap Beroperasi saat PSBB

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan terkait PSBB

5 April 2020 07:45 WIB

liputan6

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Kesehatan telah menetapkan pasar ritel modern, (pasar swalayan maupun toko swalayan), apotek, dan tempat makan (warung makan/rumah makan/restoran), tetap beroperasi saat diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di suatu wilayah.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan terkait Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Sabtu (4/4) malam.

"Pembatasan tempat atau fasilitas umum sebagaimana dimaksud pada ayat (6) dikecualikan untuk, supermarket, minimarket, pasar, toko atau tempat penjualan obat-obatan dan peralatan medis kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, barang penting, bahan bakar minyak, gas, dan energi," seperti tertulis Pasal 13 Ayat 7 dalam Permenkes tersebut.


BNPB Minta Pemerintah Beri Sanksi Tegas Warga +62 yang Langgar Kebijakan PSBB

"Warung makan/rumah makan/restoran, serta barang penting yang mencakup benih, bibit ternak, pupuk, pestisida, obat dan vaksin untuk ternak, pakan ternak, gas LPG, triplek, semen, besi baja konstruksi, dan baja ringan," seperti tertulis dalam rincian pedoman PSSB.

Selain ritel modern, dan apotek, tempat yang juga tetap beroperasi seperti biasa adalah semua fasilitas layanan kesehatan atau fasilitas pemenuhan pelayanan kesehatan lainnya, dan fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk tempat olahraga.

"Pengecualian sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan pembatasan kerumunan orang serta berpedoman pada protokol dan peraturan perundang-undangan," tulis Pasal 13 ayat 8 di Permenkes itu.

Jika suatu wilayah telah disetujui oleh Menteri Kesehatan untuk menerapkan PSBB, maka pembatasan tersebut berlaku untuk penutupan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan moda transportasi, pembatasan kegiatan sosial dan budaya dan pembatasan kegiatan lainnya terkait aspek pertahanan dan keamanan.

PSBB Tak Jelas, Refly Harun: Pemerintah Ketakutan Sendiri, Takut Tidak Kuat Secara Anggaran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia