logo


UEFA Minta Liga Champions dan Europa Paling Lambat Selesai 3 Agustus

"Baik Champions mupun Europa harus rampung pada 3 Agustus," kata Presiden UEFA Alexander Ceferin

5 April 2020 06:15 WIB

Presiden UEFA Alexander Ceferin
Presiden UEFA Alexander Ceferin skysports

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden UEFA Alexander Ceferin menyebut bahwa kompetisi Liga Champions dan Liga Europa harus diselesaikan selambat-lambatnya pada 3 Agustus 2019.

Oleh karena hal tersebut, sejumlah kompetisi sepakbola domestik di Eropa yang kini tengah dihentikan sementara akibat wabah Covid-19, harus berlomba dengan waktu agar dapat diselesaikan sesegera mungkin.

"Baik Champions mupun Europa harus rampung pada 3 Agustus," kata Ceferin saat diwawancarai oleh salah satu stasiun televisi Jerman, ZDF, dilansir dari Football Italia melalui Antara pada Minggu (5/4).


Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Indonesia 2.029, Achmad Yurianto: Tinggal di Rumah Adalah Jawaban Terbaik

"Saat ini kita berada dalam situasi yang tak biasa, tapi ada kelonggaran mengenai tanggal spesifik musim (2019/2020) dilanjutkan. Jika krisis (pandemik Covid-19) reda lebih awal, demikian juga kelanjutan sepak bola," tambahnya.

Ia juga menyebut adanya wacana terkait dengan perubahan skema Liga Champions dan Europa.

"Kita bisa saja melanjutkan dengan sistem berlaku atau diubah menjadi satu laga gugur di arena netral. Saat ini, ada opsi untuk main dengan format Final Eight atau Final Four," ujarnya.

Kendati demikian, ia tetap menginstruksikan kepada penyelenggara kompetisi sepakbola di Eropa untuk tetap memprioritaskan faktor keamanan kesehatan.

"Yang jelas, satu-satunya langkah keliru adalah jika kita memainkan pertandingan di situasi yang belum aman, yang mempertaruhkan kesehatan pemain, suporter maupun ofisial. Namun jika kondisi sudah aman, format apapun tidak masalah," tukasnya.

Pemerintah Yakini OTG Sebabkan Jumlah Kasus Covid-19 Melejit

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia