logo


Sudah Hampir Sebulan Pengrajin Kuliner Bakpia Jogja Tak Bisa Produksi Akibat Wabah Covid-19

"Sudah tiga pekan ini, kami semua tidak produksi lagi karena tidak ada pesanan dan pembeli," ujar Ketua Koperasi Sumekar Bakpia Patuk Yogyakarta, Sumiyati

4 April 2020 15:58 WIB

Bakpia
Bakpia istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Para perajin kuliner khas Yogyakarta, bakpia, di Kampung Patuk Kota Yogyakarta, terpaksa setop produksi sebagai dampak wabah Corona Covid-19.

"Sudah tiga pekan ini, kami semua tidak produksi lagi karena tidak ada pesanan dan pembeli," ujar Ketua Koperasi Sumekar Bakpia Patuk Yogyakarta, Sumiyati, Sabtu (4/4) dilansir dari Kumparan.com.

Oleh karena itu, Sumiyati menjelaskan saat ini produksi bakpia hanya dilakukan jika ada pesanan saja. Mereka juga menghentikan pasokan ke toko oleh-oleh baik di dalam maupun luar Yogya lagi.

"Produksi paling hanya untuk kebutuhan orang di rumahan sekitaran Yogta, paling dua sampai lima dus saja. Pengiriman ke luar kota sudah stop," ujarnya.


Denny JA Sebut Indonesia Bisa Jadi Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak Jika Pemerintah Tak Larang Mudik

"Jadi sekarang kami stop dulu produksi dulu saja," ujarnya.

Sumiyati mengatakan selama 30 tahun terakhir ini menjadi perajin bakpia, baru kali ini merasakan dampak seperti ini. Bahkan dampak wabah ini lebih parah daripada gempa bumi tahun 2006 dan erupsi Gunung Merapi 2010 silam.

Saat gempa bumi Bantul 2006 silam, bisnis bakpia bahkan meningkat lantaran banyak orang luar kota yang menjenguk kondisi keluarganya dan memesan bakpia sebagai oleh-oleh ketika mereka kembali ke kota asal.

Carlo Ancelotti Akui Tak Adil Jika Liverpool Gagal Juara Karena Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia