logo


Kritik Perppu Corona, ICW: Ini Fokus Krisis Ekonomi, Padahal yang Kita Hadapi Krisis Kesehatan

ICW menilai Perppu corona salah sasaran

4 April 2020 09:07 WIB

Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo
Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo Tribunnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Koordinator Indonesian Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengkritik Peraturan Pemenrintah Pengganti UU (Perppu) Nomor 1 Tahun 2000 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk menangani virus corona. Menurutnya Perppu tersebut hanya untuk mengatasi dampak ekonomi saja.

"Ruang lingkup dari kebijakan Perppu ini ternyata menurut kami sangat fokus pada isu terkait krisis ekonominya. Padahal yang kita hadapi krisis kesehatan, krisis yang dipicu oleh penyakit," jelas Adnan dalam telekonferensi di channel YouTube Yayasan LBH Indonesia Official, Jumat (3/4/2020).

"Ada isu mengenai pandemi yang ditumpangi satu kebijakan yang kurang relavan dengan masalah sebenarnya, yaitu pandemi kesehatan," tambahnya.


Disebut Lebih Berbahaya dari Corona, Begini Tanggapan Luhut

Adnan menambahkan bahwa point perppu tersebut yaitu soal insentif pajak dan bantuan likuiditas jangka pendek kepada bank yang terkena imbas corona. Tidak ada point kusus menangani pandemi corona.

"Kalau kita melihat dua point ini, ini adalah kebijakan untuk mereka-mereka yang menjadi pemain ekonomi. Bukan masyarakat secara umum," pungkasya.

MUI Keluarkan Fatwa Haram Mudik, Yusuf Mansur: Saya Sih Nggak Sampai Hati Nyebut Haram

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati