logo


MUI Keluarkan Fatwa Haram Mudik, Yusuf Mansur: Saya Sih Nggak Sampai Hati Nyebut Haram

Yusuf Mansur turut mengomentari fatwa mudik oleh MUI

4 April 2020 06:38 WIB

Yusuf Mansur
Yusuf Mansur Instagram @yusufmansurnew

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan bahwa mudik ditengah pandemi corona hukumnya haram. Pasalnya mudik justru akan mendatangkan mudharat dengan adanya penyebaran corona yang semakin meluas.

Menanggapi hal tersebut, Ustaz Yusuf Mansur mengatakan bahwa mencelakakan diri sendiri itu tidak diperbolehkan. Oleh karenanya ia mengimbau untuk tidak mudik ditengah pandemi corona.

"Bismillahirrahmanirrahim. Ada konsep yang mengatakan nggak boleh kita mencelakakan diri kita sendiri apalagi mencelakakan orang lain. Dan apalagi yang dicelakakan itu adalah keluarga kita. Dalam kondisi seperti ini penting menahan diri dan dalam kata petik ya 'kita dalam keadaan kita nggak tahu nih nularin apa nggak', Jadi lebih baik memang sebisa mungkin tidak pulang kampung dulu," ujar Yusuf Mansur seperti dilansir detikcom, Jumat (3/4/2020).


Bebaskan Napi Koruptor, Yasonna Dituding Mencuri Kesempatan di Tengah Bencana Corona

Meski demikian, Yusuf Mansur tidak sampai hati mengatakan mudik ditengah pandemi corona adalah haram.

"Kalau saya sih nggak sampai hati nyebut haram. Lebih pengin agar orang melihat, menahan diri untuk tidak mudik dan kemana-mana. Sebagai kebaikan dan perjuangan yang nilainya besar sekali di mata Allah," jelasnya.

Disebut Lebih Berbahaya dari Corona, Begini Tanggapan Luhut

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati