logo


Singgung Beban Tenaga Pendidik, Jokowi: Guru Tidak Fokus Kegiatan Belajar Mengajar, Tapi...

Jokowi sebut beban guru menjadi masalah pendidikan di Indonesia

4 April 2020 05:21 WIB

dok sekretariat Presiden

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo menilai bahwa guru tidak fokus dengan kegiatan belajar mengajar. Mereka justru lebih banyak mengurusi persoalan administrasi. Menurut Presiden, beban administrasi justru menjadi persoalan di dunia pendidikan Indonesia.

Sementara, berdasarkan survei Programme for Internatioanal Student Assessment (PISA) mengatakan bahwa kualitas guru akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan di suatu negara.

"Ini berkali-kali saya tekankan, mengenai beban administratis guru. Guru tidak fokus kegiatan belajar mengajar tapi lebih banyak dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan administratif. Ini tolong digaris bawahi," kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas tentang Strategi Peningkatan Peringkat dalam PISA melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (3/4/2020).


Kantor Staf Presiden Bantah Ada Staf Positif Virus Corona Covid-19

Jokowi juga meminta perbaikan lingkungan pendidikan. Buat lingkungan pendidikan yang nyaman agar siswa termotivasi untuk terus belajar. Selain itu Jokowi meminta agar perundungan di lingkungan sekolah segera ditekan.

"Dari survei PISA dan juga evaluasi UN terdapat hubungan kuat antara kondisi sosial ekonomi siswa dengan capaian hasil UN atau skor nilai PISA," ujar Jokowi.

Ingatkan Jokowi Dengarkan Tenaga Medis, PKS: Jangan Dengarkan Orang yang Hanya Mau Menjilat Bapak

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati