logo


Ridwan Kamil Yakin Jumlah Riil Kasus Covid-19 di Indonesia Berkali Lipat Lebih Banyak dari yang Terdata

"Saya meyakini, kasus kita berlipat-lipat menurut saya. Tapi karena kecepatan ngetes nggak sebanyak yang kita harapkan, maka data-data itu datang seolah-seolah sendiri. Saya yakini berlipat-lipat," kata Ridwan Kamil

3 April 2020 16:30 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil indozone

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meyakini jumlah riil kasus positif virus corona di Indonesia berkali-kali lipat lebih besar dari yang terdata dan terlaporkan selama ini.

Hal ini, kata Ridwan, terlihat dari 50 ribu alat rapid test yang sudah dibagikan ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat, tercatat sudah ada 15 ribu orang yang melakukan tes, dimana 677 orang dinyatakan positif Covid-19.

"Jadi kesimpulannya, semakin kita banyak mengetes, semakin kita tahu virus-virus ini sedang beredar di mana saja," kata Ridwan saat teleconference dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jumat (3/4).


Thailand Berlakukan Jam Malam, Denda Rp 20 Juta bagi yang Melanggar

Atas dasar itu, Ridwan yakin jika jumlah kasus positif virus corona sebenarnya jauh lebih banyak dari yang terdata selama ini.

"Saya meyakini, kasus kita berlipat-lipat menurut saya. Tapi karena kecepatan ngetes nggak sebanyak yang kita harapkan, maka data-data itu datang seolah-seolah sendiri. Saya yakini berlipat-lipat," katanya.

Ia menambahkan, Kota Sukabumi merupakan wilayah terbanyak kedua setalah DKI Jakarta terkait jumlah kasus positif corona berdasar pada hasil rapid test.

"Dari rapid test ini, kami menemukan 300 di Sukabumi. Hari ini Kota Sukabumi adalah di luar Jakarta yang paling banyak individu terpapar Covid-19 bila kita yakini rapid test tadi," ujarnya.

"Tentu akan kita tes kedua dengan swab, untuk membuktikan positifnya terkonfirmasi," kata Ridwan.

 

Bikin Orang Bingung, Ustaz Solmed Sebut Penanganan Wabah Corona Masih Setengah Hati

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia