logo


Stop Samakan dengan Flu, Covid-19 Sangat Mengerikan

Berikut ini penjelasan mengenai betapa berbahayanya Covid-19

3 April 2020 13:15 WIB

Ilustrasi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dunia saat ini tengah mengalami pandemi virus corona atau Covid-19. Ada 203 negara yang terjangkit virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China itu. Sudah ada 827.419 orang terjangkit Covid-19 dan ada 40.777 meninggal dunia.  

Meskipun gejala Covid-19 mirip dengan flu, yakni demam, batuk, bahkan hingga mengarah ke pneumonia, yang akhirnya dapat berakhir fatal. Tapi Covid-19 tidak bisa disepelekan.

Ilmuwan menggunakan nilai 'angka reproduksi dasar' atau R-naught untuk menjelaskan seberapa menularkah sebuah penyakit. R-naught pada flu sebesar 1,3 sedangkan Covid-19 hanya sekitar dua. Perbedaan R-naught keduanya memang tidak terlalu besar.


Ingatkan Jokowi Soal 50 Juta Masker, Mardani: Sampai Saat Ini Sulit Dicari

Jika nilai R-naught flu 1,3 artinya setiap ornag membuat satu hingga dua orang lain sakit. Namun, setelah 10 putaran maka  total ada 56 orang yang tertular flu.

Dan jika nilai R-naught Covid-19 di angka dua, jika satu orang terinfeksi menyebabkan dua orang sakit, yang membuat dua orang lainnya sakit. Setelah 10 putaran didapatkan ada 2047 orang bisa terinfeksi.

Oleh karena itu lah flu berbeda dengan Covid-19. Masyarakat harus memahami bahwa virus ini sangat berbahaya. Maka dari itu kita harus menanggapinya dengan serius.

Di Amerika, setiap tahun flu bisa membunuh 60.000 orang. Hingga akhir Maret, Covid-19 sudah membunuh lebih dari 34.000 orang di seluruh dunia. Ilmuwan menduga angka ini akan meningkat.

Perbedaan antara flu dan Covid-19 lainnya adalah masa inkubasi, yakni waktu yang dibutuhkan seseorang merasakan sakit. Saat terjangkit Covid-19, virus membutuhkan waktu lima hari untuk bekerja sebelum merasakan gejalanya. Bahkan bisa 12 hingga 14 hari gejala dari Covid-19 bisa dirasakan. Dalam masa inkubasi tersebut seseorang juga bisa menularkan virus itu ke orang lain.

Kecam Pembebasan Koruptor, IPW: Apakah Ada Bau Suap di Balik Wacana Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata