logo


Atas Dasar Kemanusiaan, PDIP Setuju dengan Pembebasan 30 Ribu Napi Koruptor

Menkumham akan membebaskan 30 ribu narapidana untuk mencegah penyebaran Covid-19

3 April 2020 06:25 WIB

Yasonna Laoli
Yasonna Laoli Kompas

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly berencana membebaskan tiga puluh ribu narapidana korupsi untuk mencegah penyebaran virus corona di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Herman Herry menyatakan setuju dengan rencana Menkumham.  Herman menegaskan bahwa pembebasana narapidana tersebut berdasarkan asas kemanusiaan dalam situasi darurat Covid-19.

"'Terkait napi yang sudah menjalankan dua per tiga masa hukuman yang usia sudah di atas 60 tahun, atas nama kemanusiaan dan dalam situasi darurat Covid-19, saya pribadi setuju untuk dibebaskan," kata Herman kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).


Kasus Corona Akan Terus Melonjak, BNPB: Puncaknya Akhir Juli, Sebanyak 106 Ribu Kasus

Herman menyampaikan bahwa pemerintah sudah menentukan syarat pembebasan narapidana. Syarat tersebut sudah tertuang dalam revisi PP 99. Ia pun sangat mengapresiasi respons pemerintah yang cepat tanggap dalam kondisi darurat Covid-19.

"Fokus utama saat ini adalah mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona dan melindungi rutan dan lapas yang potensial mengalami pukulan hebat bila terjadi penyebaran virus corona di sana," pungkasnya.

Pengurus NU: Mudik Bukan Ajaran Agama, Memaafkan Tidak Harus Lebaran

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati