logo


Tanpa Intervensi Pemerintah, 2,2 Juta Warga Amerika Serikat Bisa Tewas Akibat Covid-19

Saya mohon seluruh warga Amerika bersiap untuk hari-hari yang berat. Dua pekan ke depan akan sangat menantang

2 April 2020 15:13 WIB

Goals Of Community Mitigation
Goals Of Community Mitigation NBCNews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat bakal memasuki massa-masa yang berat dalam 2 minggu mendatang. Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di hadapan media kemarin, Rabu (1/4).

"Saya mohon seluruh warga Amerika bersiap untuk hari-hari yang berat. Dua pekan ke depan akan sangat menantang," begitu kata Trump.

Sebuah model yang dikembangkan oleh para peneliti di Imperial College London dan diterbitkan 17 Maret lalu menyebut Covid-19 dapat membunuh setidaknya 2,2 juta warga Amerika Serikat bila pemerintah setempat tidak melakukan intervensi.


Jika Tak Mudik, Warga DKI Akan Dapat Bantuan Sosial dari Pemerintah

Hal tersebut terjadi bila diasumsikan semua lembaga pemerintah mengabaikan penyebaran virus dan tidak akan mengambil langkah-langkah seperti isolasi sosial untuk mengurangi penyebarannya.

Penelitian tersebut lantas mendorong otoritas AS untuk segera mengambil tindakan drastis. Sementara bila pemerintah melakukan aksi pencegahan penyebaran diproyeksikan korban jiwa warga negara Paman Sam itu dalam pandemi ini mencapai 100-240 ribu orang.

Seperti dilansir dari Businerss Insider Singapore, Kamis (2/4), setelah mendengar laporan tersebut Presiden AS, Donald Trump, menyatakan akan lebih serius dalam menangani wabah corona di negaranya. Trump akan melakukan upaya yang bisa menekan angka kematian akibat corona.

Trump meminta warganya untuk menjaga jarak satu sama lain dan membatasi kegiatan sosial yang dihadiri tidak lebih dari 10 orang. Ia juga meminta warganya tidak berkumpul di restoran atau melakukan perjalanan.

Trump berharap cara tersebut bisa membuat angka kematian menurun dan dapat kembali normal pada Juli atau Agustus.

Pemerintah Gelontorkan Rp405,1 T untuk Tangani Covid-19, Jerry: Ini Anggaran Pinjaman atau Murni APBN?

Halaman: 
Penulis : Admin