logo


Sejumlah Daerah Blokir Jalan, Jokowi Minta Tito Karnavian Beri Teguran

Jokowi mengatakan pemblokiran jalan dapat menghambat distribusi logistik ke warga

2 April 2020 13:45 WIB

jpnn.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk memberikan teguran terhadap sejumlah daerah yang memblokir akses jalan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Menurut Jokowi, pemblokiran akses jalan itu dapat berimbas pada distribusi logistik untuk masyarakat.

"Kita harus memastikan semuanya agar distribusi logistik ini lancar, kebutuhan pokok tersedia di pasar. Saya harapkan Mendagri memberi teguran kepada daerah yang blokir jalan-jalannya agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai Persiapan Menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H lewat siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/4).


Sempat Positif, Hasil Tes Terbaru Ungkap Andrea Dian Negatif Corona

Jokowi mengaku telah mendapatkan laporan dari dua daerah yang pendistribusian berasnya terganggu akibat penutupan akses jalan.

"Saya dapat laporan dari dua daerah urusan beras agak terganggu karena jalan yang tertutup. Tolong pemda diberitahu mengenai hal ini," ujarnya.

Diketahui, sejumlah daerah yang telah menerapkan local lockdown dengan membatasi akses jalan masuk meliputi Tegal, Tasikmalaya, dan Papua.

Sebelumnya Jokowi menyatakan tak mempersoalkan pembatasan akses jalan itu. Namun ia mengingatkan agar daerah tak menerapkan karantina wilayah sendiri tanpa berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Meski Tak Larang Mudik, Pemerintah Mengimbau Kesadaran Masyarakat untuk Tidak Mudik

Halaman: 
Penulis : Iskandar