logo


Tenangkan Masyarakat, Jokowi Rencanakan Pengganti Libur Nasional dan Gratiskan Wisata

Jokowi minta untuk dipersiapkan skenario mengenai mudik Lebaran 2020. 

2 April 2020 11:47 WIB

Presiden Joko Widodo bersama jajaran terkait dalam rapat terbatas yang membahas soal Kartu Prakerja, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/1/2019)
Presiden Joko Widodo bersama jajaran terkait dalam rapat terbatas yang membahas soal Kartu Prakerja, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/1/2019) Setkab

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo meminta kementerian terkait untuk menyiapkan skenario mengenai mudik Lebaran 2020.

"Kemudian mengenai arus mudik, saya minta disiapkan skenario-skenario yang komprehensif. Jangan sepotong-sepotong, atau satu aspek saja, atau sifatnya sektoral, atau kepentingan daerah saja. Tetapi dilihat secara utuh baik dari hulu, di tengah dan di hilir," ujar Jokowi saat ratas di Istana Bogor yang disiarkan melalui akun YouTube Setneg, Kamis (2/4/2020).

Jokowi juga ingin menenangkan masyarakat di tengah pandemi corona dengan mengganti libur nasional di hari lain.


Luhut Tolak Rencana Karantina Anies Baswedan, NasDem: Terkesan Lebih Mengutamakan Kepentingan Ekonomi

"Saya melihat ini mungkin untuk mudik, dalam rangka menenangkan masyarakat mungkin alternatif mengganti libur nasional di lain hari untuk Hari Raya, ini mungkin bisa dibicarakan," ujarnya.

Jokowi juga akan memberikan fasilitas arus mudik di hari pengganti tersebut dan juga menggratiskan tempat wisata.

"Kemudian yang kedua memberikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut. Kemudian juga bisa di kemudian juga bisa di kemudian hari juga menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki daerah," katanya.

Menurut Jokowi, jika skenario tersebut dilakukan bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat usai menghadapi pandemi corona.

"Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat," sebut Jokowi.

Kasus Corona Terus Meningkat, Jokowi: Cuaca Juga Mempengaruhi Perkembangan Covid-19 Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata