logo


Wabah Covid-19 Luar Biasa, Sri Mulyani Tegaskan Kebijakan Extraordinary Perlu Dikeluarkan

"Ini inkonvensional, nonkonvensional, dan unorthodox yang artinya tidak bisa disebut biasa lagi. Situasi ini adalah extraordinary atau di luar suasana biasa sehingga membutuhkan action dan policy yang extraordinary," kata Sri Mulyani

1 April 2020 16:15 WIB

Menkeu, Sri Mulyani
Menkeu, Sri Mulyani Kemenkeu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa wabah virus Corona Covid-19 adalah sebuah kejadian luar biasa sehingga diperlukan pendekatan yang tidak biasa untuk menghadapi dampak yang ditimbulkan.

"Ini inkonvensional, nonkonvensional, dan unorthodox yang artinya tidak bisa disebut biasa lagi. Situasi ini adalah extraordinary atau di luar suasana biasa sehingga membutuhkan action dan policy yang extraordinary," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/4).

Ia menjelaskan virus Corona Covid-19 yang telah menjadi pandemi atau mewabah di seluruh penjuru dunia ini sangat berdampak terhadap ekonomi global.


Tak Kapok, Pasar di Wuhan Kembali Jual Hewan Liar

"Ini menggambarkan bahwa krisis ini menyebabkan untuk negara berkembang tidak hanya terpengaruh dari sisi ekspor tetapi juga capital outflow dan di sektor keuangan," jelasnya.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia tidak akan tinggal diam dalam menyikapi hal ini. Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengeluarkan sejumlah kebijakan yang tidak biasa yang difokuskan untuk tiga hal yakni sektor kesehatan, kondisi masyarakat dan sektor keuangan.

"Pemerintah melakukan berbagai kebijakan inkonvensional di bidang fiskal yaitu meningkatkan anggaran untuk kesehatan sudah pasti karena fasilitas medis untuk menopang tenaga medis dan pembelian alat-alat kesehatan," tegasnya.

Luhut Disebut 'The Real President', Ruhut Sindir Fadli Zon: Kenapa Sekarang Kaya Cacing Kepanasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia