logo


Perkuat Imun Tubuh, Begini Tips Asyik Berjemur Ala Profesor UGM

Berjemur yang efektif sekitar pukul 10.00 WIB

1 April 2020 08:37 WIB

Terpapar sinar matahari. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis
Terpapar sinar matahari. Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis "Suara Kita". Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut.

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM- Virus corona atau Covid-19 kini tengah mewabah di Indonesia. Beberapa cara kita lakukan agar terhindar dari penyakit penyebab Covid-19, salah satunya yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan menjalankan pola hidup bersih, berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof dr Madarina Julia, Sp A(K), MPH, Ph D mengatakan bahwa berjemur di bawah sinar matahari bisa memproduksi vitamin D. Dimana vitamin D sangat sedikit kandungannya di dalam makanan.

"Vitamin D ini punya efek imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh," kata Madarina melalui keterangan tertulisnya, Selasa (31/3/2020).


Cegah Corona, 5 Kiat Sederhana Ini Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ia juga menjelaskan bahwa waktu yang tepat untuk berjemur yaitu pukul 10 pagi dengan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. "Waktunya bisa mulai dari jam 10.00 sampai 15.00, jangan dilakukan lebih pagi karena sinar mataharinya tidak mencukupi," tambahnya.

Ia pun menyarankan agar berjemur tidak membosankan maka bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas lain yang menyenangkan seperti berkebun, mengangkat jemuran, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, ketika berjemur harus terpapar langsung dengan sinar matahari, penggunaan topi maupun sunscreen justru akan menghambat produksi vitamin D dalam tubuh.

Kasihan! Bayi 4 Bulan Jadi Pasien PDP Corona di Yogyakarta

Halaman: