logo


WNI di Luar Negeri Tak Perlu Pulang, Menko PMK: Kita Akan Berikan Bantuan Sembako

Selama wabah corona, WNI di LN tidak perlu pulang ke Indonesia

1 April 2020 07:39 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri PMK Muhadjir Effendy meminta WNI yang berada di luar negeri untuk tidak pulang selama di Indonesia masih mewabah Covid-19. Muhadjir menegaskan bahwa pemerintah tidak ada program khusus untuk memulangkan mereka, meski demikian WNI di luar negeri akan terus di pantau.

"Kepulangan mereka sifanya sukarela, kita enggak punya program memulangkan mereka, bahkan kita harapkan mereka enggak usah pulang. Jika tidak perlu pulang jika disana masih nyaman dan tidak ada mudarat sebaiknya bertahan di sana," kata Muhadjir Effendy dalam jumpa persnya melalui siaran langsung di akun Instagram Sekretariat Kabinet, Selasa (31/3/2020).

Muhadjir menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan berupa sembako kepada WNI yang bekerja di luar negeri, khususnya WNI yang di Malaysia. Bantuan tersebut diprioritaskan kepada pekerja migran yang terdampak kebijakan Movement Control Onder (MCO) atau pembatasan dari pemerintah Malaysia.


Cegah Penyebaran Corona, Menkumham Bebaskan 30 Ribu Narapidana

"Pak Presiden sudah memberikan arah, menyetujui kita akan kirimkan bantuan sosial ke WNI di Malaysia, terutama bagi mereka pekerja harian buruh yang terdampak kebijakan MCO. Kita kirim sembako dan bantuan kebutuhan pokok lainnya," tambahnya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan melindungi dan menjamin kesehatan warga baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pemerintah Pusat dan Daerah Dinilai Tak Kompak Tangani Corona, Mahfud MD: Narasinya Saja yang Berbeda

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati