logo


Mampu Disiplinkan Rakyat, Arief Poyuono Setuju dengan Kebijakan Darurat Sipil

Arief Poyuono menilai darurat sipil adalah langkah yang tepat yang diambil Jokowi

1 April 2020 04:51 WIB

Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono.
Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono setuju dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang akan menerapkan darurat sipil sebagai upaya menanggulangi virus corona di Indonesia. Menurutnya kebijakan tersebut sudah tepat diambil oleh presiden.

Menurutnya dengan diterapkan darurat sipil maka pemerintah daerah tidak lagi membuat kebijakan sendiri-sendiri dalam menangani Covid-19, namun sejalan dengan pemerintah pusat. Darurat sipil dinilai bisa mendisiplinkan rakyat dalam menanggulangi virus corona.

Arief menegaskan bahwa darurat sipil dapat dikendalikan dengan memberikan mandat ke TNI. "Segera presiden keluarkan Instruksi Presiden untuk memberlakukan darurat sipil dan memberi mandat pada TNI untuk menjalankan penerapan darurat sipil di seluruh Indonesia," kata Arief di Jakarta, Selasa (31/3/2020).


Ini Jawaban Dirut PLN Soal Jokowi Gratiskan Listrik Tiga Bulan

"Karena hanya TNI yang bisa menjalankan Instruksi Presiden dalam menjalankan darurat sipil. Saya mendukung presiden dalam memberlakukan darurat militer," tegasnya.

Arief menjelaskan bahwa darurat sipil bukanlah suatu bentuk keotoriteran presiden, namun suatu langkah yang tegas untuk menanggulangi Covid-19.

Jokowi Tegaskan Indonesia Belum Perlu Status Darurat Sipil

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati