logo


Pemerintah Indonesia Dinilai Lambat Tangani Covid-19, Begini Tanggapan Luhut

"Namun bukan berarti pemerintah lambat mengambil keputusan, kita ingin pastikan rakyat Indonesia seluruhnya terlindungi jaring pengaman sosial," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

31 Maret 2020 20:00 WIB

Luhut Binsar Panjaitan
Luhut Binsar Panjaitan Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa pemerintah tak ingin semakin menyulitkan kondisi masyarakat Indonesia di tengah wabah Covid-19.

"Namun bukan berarti pemerintah lambat mengambil keputusan, kita ingin pastikan rakyat Indonesia seluruhnya terlindungi jaring pengaman sosial," tegas Luhut.

Luhut mengatakan sebelum mengeluarkan kebijakan, pemerintah akan melakukan riset dan pengkajian terlebih dahulu terkait dampak lain yang akan ditimbulkan sehingga tidak memunculkan masalah baru.


731 WNI Jemaah Tablig Terjebak Lockdown di India

"Kami tidak ingin kejadian di negara lain seperti di India yang kita saksikan bersama mengalami masalah dalam penerapan kebijakannya, terjadi di Indonesia," jelasnya.

Oleh karena itu, opsi yang ditempuh pemerintah sejauh ini dengan memberlakukan pembatasan secara fisik dan sosial harus tetap dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Luhut juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Dan mereka yang tidak sanggup bekerja dan berpenghasilan di masa-masa sulit ini, masih bisa bertahan hidup dengan bantuan dari pemerintah," pungkasnya.

Tak Dapat Restu dari Pusat, Rencana Lockdown Kota Depok Dibatalkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia