logo


Cegah Kasus Impor COVID-19, Indonesia Tutup Pintu Kedatangan dan Transit bagi WNA

"Jadi saya ulangi kebijakan yang sudah ada perlu diperkuat, dan telah diputuskan semua kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia untuk sementara waktu dihentikan," jelas Retno Marsudi

31 Maret 2020 15:44 WIB

Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Bandara Internasional Soekarno-Hatta Angkasa Pura

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akhirnya menghentikan seluruh kunjungan dan transit bagi Warga Negara Asing (WNA) di semua wilayah Indonesia untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Presiden sudah memutuskan bahwa kebijakan yang ada selama ini perlu diperkuat. Jadi saya ulangi kebijakan yang sudah ada perlu diperkuat, dan telah diputuskan semua kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia untuk sementara waktu dihentikan," jelas Retno Marsudi dalam konferensi pers melalui video conference, Bogor, Selasa (31/3).

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi WNA yang memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP), atau WNA pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas. Mereka masih bisa masuk dan transit di Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.


Darurat Sipil Ditolak Banyak Pihak, Ruhut: Maksud Pemerintah Pusat Baik

"Kebijakan baru ini akan dituangkan dalam Permenkumham (Peraturan Menkumham) yang baru," kata Retno.

Kebijakan ini dikeluarkan menyusul banyak negara lain yang melaporkan adanya kasus impor atau penularan dari luar negeri selain penularan dari dalam negeri.

"Beberapa negara yang telah mampu mendatarkan kurva penyebaran COVID-19 menghadapi juga tantangan baru dengan yang dinamakan gelombang baru COVID-19. RRT, Korea Selatan, dan Singapura banyak menghadapi 'imported case," kata Jokowi.

 

Soal Larangan Mudik, Luhut: Presiden Selalu Berpikir Orang Susah Jangan Ditambah Susah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia