logo


Ini Saran WHO untuk Indonesia Tangani COVID-19

"Kita juga terus mendukung langkah yang diambil oleh Pemerintah Indonesia," kata DR. Michael J. Ryan, Executive Director of WHO The Emergency Program

31 Maret 2020 14:22 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - World Healt Organization (WHO) mendukung pemerintah Indonesia dalam memerangi Covid-19. WHO juga percaya bahwa pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo mampu untuk menangani dan mencegah penyebaran Covid-19.

Apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah Indonesia terkait dengan penyebaran virus corona COVID-19?.

"Saat ini kasus Covid-19 di seluruh penjuru dunia tengah dalam kondisi puncak, khususnya di wilayah Eropa dan Amerika Utara, beberapa negara justru sedang berada di fase awal," kata DR. Michael J. Ryan, Executive Director of WHO The Emergency Program.


Tolak Darurat Sipil, Natalius Pigai: Menyebabkan Kematian Tidak Terkontrol

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya Indonesia memiliki peluang keberhasilan yang besar dalam menekan dan mencegah penyebaran kasus Covid-19.

"Dengan menerapkan kebijakan dan strategi untuk fokus dalam pencegahan dan menekan laju peningkatan jumlah kasus. Hal tersebut mampu dicapai dengan memperkuat semua sistem," jelasnya.

Mengesampingkan skenario yang kemungkinan terjadi, Ryan melanjutkan, jumlah kasus akan terus mengalami peningkatan, sehingga kebutuhan sistem pendukung juga akan meningkat.

"Di waktu yang sama, anda harus menekan jumlah penyebaran virus, sama seperti yang dilakukan negara-negara lain, dengan cara mendeteksi semua kasus, melakukan tes terhadap pasien suspect, melakukan isolasi, melakukan pelacakan terhadap siapa saja pasien positif covid-19 melakukan kontak, karantina mandiri, serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penularan Covid-19," jelas Ryan.

Ryan mengaku percaya dan yakin atas segala upaya pemerintah Indonesia terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di Indonesia.

"Kita juga terus mendukung langkah yang diambil oleh Pemerintah Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Dr. Tedros Adhanam, Direktur Jenderal WHO, mengungkapkan bahwa ia juga sempat berdiskusi terkait penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 bersama dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

"Kita akan mendorong dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah Indonesia terkait penanganan Covid-19," kata Tedros.

Darurat Sipil untuk Tangani Covid-19, Hidayat Sebut Bisa Menakuti Orang Tapi Berbahaya

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Tino Aditia