logo


NasDem Usul Gaji Anggota DPR Dipotong 50% untuk Atasi Wabah Corona

Fraksi Partai NasDem juga mendesak agar dilakukan relokasi anggaran dalam APBN

30 Maret 2020 15:11 WIB

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad M Ali
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad M Ali dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemotongan 50 persen gaji anggota DPR mulai bulan April 2020 untuk mengatasi wabah virus corona Covid-19 di Indonesia.

“Sebagai rasa solidaritas dan ikut serta dalam gerakan gotong royong sebagai anak bangsa dalam upaya mengatasi wabah virus corona. Fraksi Partai NasDem mengusulkan pemotongan 50 persen gaji anggota DPR mulai bulan April 2020,” ujar Ketua Fraksi Partai NasDem, Ahmad M Ali di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Menurutnya mekanisme dan pengelolaan potongan ini diserahkan kepada pihak Sekrerariat Jenderal DPR RI untuk mengatur dan mengalokasikannya.


PKS Minta Jokowi Dukung dan Izinkan Local Lockdown

Dia menambahkan Fraksi Partai NasDem juga mendesak agar dilakukan relokasi anggaran dalam APBN yang ditujukan bagi penanganan Covid-19 di Tanah Air.

“Anggaran yang masuk dalam agenda pembangunan, Fraksi Partai NasDem mengusulkan agar direlokasi secara penuh untuk agenda mengatasi wabah Covid-19 beserta dampak-dampak yang akan ditimbulkannya,” tuturnya.

Menurutnya relokasi anggaran tidak akan optimal jika hanya mengandalkan Inpres N0. 4 Tahun 2020, namun butuh anggaran lebih besar lagi jika ingin benar-benar serius untuk mengatasi wabah ini.

Dalam hal ini, dia mencontohkan Amerika Serikat yang telah menggelontorkan dana senilai 32 ribu triliun rupiah dan Malayasia hampir senilai seribu triliun.

Imbauan Tak Mudik Dinilai Belum Cukup, Jokowi Ingin Ada Langkah Tegas

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata