logo


Malaysia Perpanjanga Lockdown, Pemerintah RI Diminta Perhatikan Pekerja Migran

Pemerintah RI diminta segera melobi Malaysia terkait bantuan kemanusiaan untuk PMI

30 Maret 2020 14:15 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati
Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mendesak pemerintah bertindak cepat melobi pemerintah Malaysia agar bantuan kemanusiaan dapat disalurkan kepada 2,5 juta Warga Negara Indonesia (WNI) terdampak kebijakan perpanjangan lockdown di Malaysia.

"Data migrant care tahun 2019 menyebutkan, ada 1,5 juta Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan total hampir 2,5 juta WNI di Malaysia, semua saat ini membutuhkan perhatian besar karena perpanjangan lockdown di Malaysia," ujar Mufida di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Dia berpendapat bahwa KBRI dan KJRI sebagai perwakilan resmi pemerintah di seluruh Malaysia tidak akan mampu untuk menjangkau dan apalagi memenuhi kebutuhan para PMI tersebut. Karena itu, peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau NGO, menjadi amat penting.


Pandemi Covid-19, PKS: Kenapa Setelah Keadaan Makin Parah, Baru Pemerintah Seperti Tergopoh-gopoh

Menurut Mufida, pemerintah RI harus bertindak cepat dan tepat dalam melobi pemerintah Malaysia karena kewajiban dan kemanusiaan yang harus didahulukan di sini.

Diketahui Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri, baru saja mengeluarkan larangan bagi NGO untuk langsung menyerahkan bantuan ke masyarakat terdampak.

PKS Minta Jokowi Dukung dan Izinkan Local Lockdown

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Admin