logo


Mahfud MD: Konsep Karantina Wilayah Tidak Sama dengan Lockdown, Tapi Lebih ke Physical Distancing

Mahfud MD menjelaskan konsep karantina wilayah

30 Maret 2020 10:16 WIB

Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD okezone

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjelaskan tentang konsep karantina wilayah yang berbeda dengan konsep lockdown. Menurutnya lockdown lebih ke arah larangan warga untuk masuk atau keluar wilayah dalam situasi darurat.

"Konsep karantina kewilayahan tidak sama dengn lockdown. Meski begitu ada yang menyamakan begitu saja dengan lockdown, padahal antara keduanya tidak sama," kata Mahfud kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Ia menjelaskan bahwa konsep karantina wilayah sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Konsep ini lebih ke arah pembatasan pegerakan orang.


Antisipasi Corona, PBNU Minta Masyarakat Lebaran Online

"Istilah karantina wilayah sebenarnya lebih merupakan istilah lain dari physical distancing atau sosial distancing yang sekarang dipilih sebagai kebijakan pemerintah," tambahnya.

Pada Undang-Undang No 6 Tahun 2018 disebutkan bahwa karantina wilayah merupakan kewenangan pemerintah pusat, yang kemudian diatur dalam peraturan pemerintah (PP). "Kebetulan RPP-nya sudah ada di Kemenko PMK dan kita tinggal mesdikusikannya lagi. Tapi saya pastikan tidak ada lockdown melainkan karantina wilayah," tandasnya.

Ajak Kepala Daerah Lain Isolasi Wilayah, Wali Kota Tegal: Ayo, Jangan Sampai Menyesal di Belakang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati