logo


Disinfektan Ampuh Tangkal Corona, Dokter Tan: Gak Efektif dan Gak Masuk Akal

Dokter Tan Shot Yen mengkritisi penyemprotan disinfektan pada tubuh manusia

29 Maret 2020 19:22 WIB

SPBU Disemprot Disinfektan
SPBU Disemprot Disinfektan istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ahli Nutrisi Dokter Tan Shot Yan menilai bahwa penyemprotan disinfektan pada tubuh manusia untuk mencegah penyebaran virus corona tidaklah tepat. Menurutnya disinfektan hanya digunakan untuk benda mati.

"Disinfektan itu diperuntukkan untuk benda mati dengan perlakuan yang benar. Disinfektan tidak diperuntukkan untuk tubuh manusia," kata Dokter Tan seperti diberitakan Suara.com, Minggu (29/3/2020).

Ia menyampaikan bahwa penyemprotan disinfektan pada tubuh manusia tidak sesuai dengan protokol WHO. Bahkan menurutnya, cairan disinfektan tidak efektif untuk mencegah penyebaran virus corona.


Ancam Kesehatan Warga, KPNas Desak Pengelolaan Limbah Corona

"Hentikan penyemprotan disinfektan! Siapa ya yang pertama kali ngajarin nyiram-nyiran manusia semprot dengan disinfektan? Tas disemprot, jalan disemprot, rumah disemprot. Boros, gak efektif, bahaya untuk anak-anak dan gak masuk akal," tambahnya.

Diketahui bahwa disinfektan dipercaya ampuh mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah pun menganjurkan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat. Bahkan Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini membuat bilik disinfektan untuk melindungi warganya.

Viral Video Soal Lockdown, Ridwan Kamil Beri Klarifikasi: Untuk Ngetes Reaksi Saja

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati