logo


Simalakama Mudik di Kala Wabah

Mudik jadi ancaman daerah asal, tak mudik pun tak punya penghasilan

29 Maret 2020 10:32 WIB

Mudik
Mudik Bisnis.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah daerah kini mulai was-was, pasalnya banyak warga yang mulai mudik ke kampung halaman semenjak semakin banyaknya kasus positif Covid-19 di DKI. Bahkan di beberapa daerah sudah ditemui kasus positif virus asal Wuhan, China itu dari warga yang baru tiba dari Jakarta.

Memang bukan tanpa alasan warga di DKI yang ingin mudik. Pasalnya, kehidupan di DKI juga semakin sulit. Masyarakat yang bekerja di sektor informal seperti pedagang kaki lima atau driver ojek online kehilangan pelanggan akibat adanya imbauan di rumah saja.

Tiada pilihan lain bagi mereka yang memutuskan untuk kembali ke kampung halaman.


Hadapi Corona, Anies Beberkan Kondisi Pelayanan Kesehatan di Jakarta

Fenomena tersebut menurut mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar seperti buah simalakama. Mereka kehilangan penghasilan di Jakarta namun bila mudik menjadi ancaman bagi warga asal. Pasalnya belum tentu dia tidak membawa penyakit ketika pulang ke kampung halaman.

Adjeng mengatakan, sebaiknya warga di DKI tidak perlu pulang ke kampung halaman, hal itu juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang melarang warga yang tinggal di daerah wabah pergi ke daerah lain.

"Mari kita jaga keluarga kita di kampung, jaga lingkungan kita di kampung. Jangan sampai mereka yang kebanyakan sudah sepuh harus jadi korban akibat ada orang yang positif corona memilih untuk mudik," kata Adjeng kepada wartawan, Sabtu (28/3).

Oleh sebabnya, Adjeng meminta kepada pemerintah pusat dan DKI untuk perhatian terhadap keadaan ekonomi masyarakat kelas bawah agar mereka tidak pulang ke kampung selama wabah ini belum selesai.

Menurut Adjeng, bila langkah pemerintah hanya sekadar memberi imbauan, maka masyarakat belum tentu mengikuti anjuran dari pemerintah karena memang situasinya semakin hari semakin sulit.

Patuhi Social Distancing, Bedu: Bisa Kerja Sambil Ketemu Keluarga

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Iskandar