logo


5 Makanan Jitu Atasi Nyeri Saat Haid

Minum air sekitar 2-3 liter per hari selama haid mampu menghindarkan Anda dari dehidrasi

31 Maret 2015 10:07 WIB

Ilustrasi Haid
Ilustrasi Haid

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setiap kali haid tiba, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri haid, yaitu rasa nyeri yang muncul pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi di bagian sekitar perut. Nah untuk mencegegah rasa nyeri haid tersebut, tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dipercaya mampu mengatasi masalah nyeri haid. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya :

1. Air Putih
Ketika sedang haid, perbanyaklah minum air putih. Minum air sekitar 2-3 liter per hari selama haid mampu menghindarkan Anda dari dehidrasi. Selain itu, minum banyak air putih juga dapat mengendalikan rasa sakit karena nyeri.

2. Ikan
Lemak ikan seperti omega 3 bersama vitamin D dapat mengurangi rasa nyeri karena menstruasi. Kedua zat alami itu memiliki zat antiinflamasi yang membantu menenangkan kram dan kembung saat menstruasi.

3. Nanas dan Pisang
Nanas merupakan buah yang membantu meredakan nyeri dan kram saat menstruasi. Anda dapat mengonsumsinya secara lansgung atau dibuat jus untuk menenangkan otot tubuh yang tegang. Selain nanas, pisang juga bisa dipilih untuk mengatasi rasa nyeri selama haid. Pisang memiliki bahan alami yang dapat menenangkan otot tubuh yang nyeri saat menstruasi.

4. Teh Herbal
Teh herbal seperti teh hijau atau teh peppermint mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh saat menstruasi, sehingga nyeri menstruasi dapat hilang atau setidaknya berkurang.

5. Cokelat Hitam
Cokelat hitam memiliki efek menenangkan. Selain membantu melepaskan hormon oksitosin dalam tubuh yang akan membuat tubuh lebih tenang, cokelat hitam juga mengandung zat antioksidan yang mampu mengendurkan otot yang tegang di dalam tubuh.

 

Tak Ingin Nyeri Saat Haid? Konsumsi Buah Ini Ya

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah