logo


Terkait Larangan Mudik di Masa Corona, Pengamat Sebut Tak Perlu Tunggu Aturan

Agus menilai upaya penyelamatan masyarakat perlu dikedepankan di masa darurat corona

27 Maret 2020 19:45 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio angkat bicara soal larangan kegiatan mudik jelang lebaran di masa tanggap darurat virus corona atau Covid-19. Menurutnya, pemerintah tak perlu membuat aturan hukum terkait hal itu.

Agus menilai masyarakat akan terus bergerak selama menunggu peraturan itu dibuat. Ia merasa khawatir penularan penyakit covid-19 semakin masif saat proses pembuatan kebijakan berlangsung.

"Di situasi seperti ini sebenarnya ada dasar hukum atau tidak, upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan ya dilakukan. Mau tunggu aturan dibuat dulu, keburu mati orang," kata Agus, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (27/3).


Jokowi Diminta Tunjuk Prabowo Jadi Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Ia menyebut surat larangan mudik secara tertulis dari Kementerian Perhubungan sudah cukup. Hal itu demi menekan banyaknya orang mudik lebih cepat ke kampung halaman sementara mereka belum memastikan terinfeksi corona atau tidak.

"Di Jakarta kan semua aktivitas diredam. Banyak orang dari daerah pulang. Tetapi kan mereka tidak tahu apakah mereka sudah kena (corona) atau belum, banyak yang tidak cek," tambahnya.

Bicara Pandemi Corona, Lieus Usul Pemerintah Buka Rekening Khusus untuk Tampung Donasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar