logo


RI Tak Ambil 'Lockdown' Hadapi Corona, Denny Siregar: Kebijakan Jokowi Sudah Tepat

Denny menilai pemerintah perlu menjaga kestabilan ekonomi agar dampak corona tidak merambat dan menjadi persoalan baru di bidang lainnya

27 Maret 2020 16:15 WIB

Denny Siregar
Denny Siregar Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengamat politik sekaligus penulis Denny Siregar memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak memilih lockdown negara sebagai jalan keluar atas serangan virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, kestabilan di sektor ekonomi patut dijaga agar dampak corona tidak merambat dan menjadi persoalan baru di bidang lainnya.

“Kita tidak punya uang sebesar Amerika kalau ingin me-lockdown negara. Maka Jokowi fokus membangun jaring-jaring pengaman ekonomi, supaya dampak wabah tidak meluas,” kata Denny, seperti dikutip dari Tagar pada Jumat (27/3).


Ajak Gotong Royong Lawan Corona, Erick Thohir: Berhenti Saling Menyalahkan!

“Ekonomi ini bahaya memang. Kalau virus bisa membuat beberapa orang meninggal, ekonomi bisa menghancurkan satu negara. Orang lapar bisa gelap mata. Dan jutaan orang lapar, mereka bisa saling memakan sesama,” sambungnya.

Denny menilai Jokowi sudah mengambil keputusan yang tepat. Ia menyebut kepala negara itu telah mengupayakan pembangunan ekonomi dengan berbagai cara di tengah merebaknya virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

“Kebijakan Jokowi sudah tepat. Ia fokus membangun rancangan ekonomi dengan menunda cicilan kredit untuk para pengusaha kecil dan pengemudi online, juga memberikan stimulus ekonomi pada bank-bank dan mengeluarkan kredit baru kepada pengusaha kecil sejumlah triliunan rupiah sampai harus mengeluarkan cadangan kas untuk menahan rupiah supaya tidak makin amblas,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia mampu menghadapi tantangan Covid-19. Ia mengapresiasi gerakan masyarakat yang ikut menyosialisasikan physical distancing atau menjaga jarak aman serta terus saling mengingatkan agar disiplin mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Cegah Penyebaran Covid-19, Menko PMK Sebut Perlu Penguatan Kebijakan Sosial Distancing

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×