logo


Tak Hanya Virus Corona, China Juga Dipusingkan dengan Tumpukan Limbah Medis

Terkumpul sekitar 200-300 kg masker yang dibuang setiap hari

27 Maret 2020 13:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak hanya virus corona (Covid-19) yang membuat Otoritas China kewalahan, tapi juga masalah limbah dari barang sekali pakai sebagai pengamanan dari virus corona.

Melansir dari SCMP melalui Tribunnews, di Wuhan banyak terkumpul sekitar 200-300 kg masker yang dibuang setiap hari dari 200 tempat sampah yang disiapkan.

Produsen masker China memproduksi sekitar 116 juta per hari saat permintaan masker bedah melonjak. Bahkan menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, produksi masker mengalami 12 kali lipat lonjakan selama sebulan terakhir.


Kemenhub: Belum Lakukan Pelarangan, Sudah Banyak Curi Start Mudik

Otoritas Lingkungan dan Kesehatan, mengatakan bahwa masker dan alat pelindung lainnya yang dipakai tenaga medis dan orang yang terinfeksi virus harus diperlakukan sebagai limbah klinis dan disterilkan, sebelum dibakar.

Hal yang dikhawatirkan adalah sebagian besar fasilitas untuk mengatasi limbah medis yang dibangun pada masa wabah SARS, 17 tahun lalu, sudah mendekati akhir masa operasinya.

Spesialis limbah beracun di kantor Greenpeace Beijing, Eric Liu, menyebut bahwa China memiliki kekurangan besar dalam fasilitas pembuangan limbah, khususnya limbah klinis.

Ekonomi Ambruk Pasca Wabah COVID-19, Bill Gates: Lebih Baik daripada Membawa Orang Hidup Kembali

Halaman: 
Penulis : Admin