logo


Kemenhub: Belum Lakukan Pelarangan, Sudah Banyak Curi Start Mudik

Mudik berpotensi menyebarkan virus corona

27 Maret 2020 12:21 WIB

Rombongan pemudik Pertamina
Rombongan pemudik Pertamina Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyampaikan bahwa sampai saat sudah banyak para pemudik yang mencuri start. Menurutnya hal tersebut akan berpotensi menyebarkan virus corona.

"Mengapa dilarang mudik? Tadi sudah disampaikan Pak Dirjen karena ini potensi untuk perluasan wabah ini memang luar biasa. Kita belum melakukan pelarangan sudah banyak istilahnya yang mencuri start untuk mudik," kata Adita dalam jumpa persnya di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Adita mengaku prihatin dengan hal tersebut. Pasalnya jumlah orang dalam pemantauan (ODP) semakin meningkat, sebagaimana yang terjadi di Sumedang.


Tak Perlu Khawatir Jika Haji Dibatalkan, Menag: Dana Akan Dikembalikan ke Jemaah

"Ini dari data yang kami terima cukup memprihatinkan ya, khususnya baru saja kami terima dari Kabupaten Sumedang itu ODP-nya meningkat karena mendapat limpahan orang mudik dari Jabodetabek," tambahnya.

"Kalau kemudian kita tidak melakukan sesuatu dari pemerintah dan melakukan pelarangan dan tentunya juga diikuti dengan regulasi dan law enforcement-nya ini kita khawatir kan wabah Covid ini akan makin luas dan menambah zona merah di daerah tujuan mudik," pungkasnya.

Akhirnya! Pasien COVID-19 di Solo Pulih, Dinas Kesehatan: Corona itu Bisa Sembuh

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati