logo


Kabar Gembira, Jateng Kini Punya Laboratorium Khusus Covid-19

"Kalau masuk sebelum jam 12, hasilnya bisa diambil sore. Tapi kalau melebihi jam 12.00 WIB, maka hasilnya hari berikutnya. Namun apapun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

27 Maret 2020 09:25 WIB

Lab Covid-19 di Salatiga
Lab Covid-19 di Salatiga semarang-bisnis.com

SEMARANG, JITUNEWS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menunjuk Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) yang berada di Kota Salatiga sebagai laboratorium penelitian penyakit corona di Provinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah Kemenkes sudah menunjuk Lembaga B2P2VRP salatiga ini sebagai tempat pengecekan corona. Ini bisa membantu seluruh rumah sakit yang ada di Jateng untuk melakukan pengecekan," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo setelah meninjau fasilitas B2P2VRP di Salatiga, Kamis (26/3).

Dengan ditunjuknya laboratorium untuk virus corona ini, Pemprov Jawa Tengah akan menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit untuk memanfaatkan fasilitas tersebut dalam penindakan dan pencegahan wabah Covid-19.


Pasien Corona Meningkat, Gubernur DIY Minta Pendatang Isolasi 14 Hari

Ganjar mengatakan bahwa proses pengecekan di laboratorium B2P2VRP Salatiga dapat diselesaikan dalam hitungan jam sehingga hasil test dapat segera diketahui. Hal tersebut dapat mempercepat penanganan terhadap pasien.

"Kalau masuk sebelum jam 12, hasilnya bisa diambil sore. Tapi kalau melebihi jam 12.00 WIB, maka hasilnya hari berikutnya. Namun apapun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan. Diambil minimalnya, di sini bisa melakukan pengecekan maksimal dua hari saja," kata Ganjar.

"Hasil pengecekan ini yang menentukan perlakuan terhadap pasien. Kalau yang positif bagaimana, yang negatif bagaimana. Jadi semakin cepat hasil didapat, akan semakin baik," katanya.

Kritik Pemerintah Terkait Penanganan Corona, PKS: Kebijakannya Jangan Tanggung-tanggung

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia