logo


Pandemi Corona, Pemerintah Izinkan Mudik ke Kampung Halaman Asalkan...

Pemudik harus mengikuti protokol keselamatan

27 Maret 2020 04:44 WIB

Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto
Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Juru Bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto menyampaikan bahwa pemerintah masih memperbolehkan masyarakat mudik ke kampung halaman di tengah pandemi corona. Namun menurutnya ada beberapa protokol keselamatan yang harus dilakukan.

"Tidak apa-apa (pulang kampung). Ya jangan deket-deket, physical distancing itu pondasi dasarnya. Kalau kembangin rumah pondasinya itu (jaga jarak). Terserah mau pakai tembok, pakai bata, pondasinya itu," kata Achmad Yurianto  di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Yuri menegaskan bahwa pondasi utamanya yaitu jaga jarak agar yang sehat tidak tertular. Pasalnya orang yang membawa virus belum tentu dalam keadaan sakit.


Sindir ICW, Wakil Ketua KPK: Banyak yang Kehilangan Panggung Karena Wabah Corona

"Jaga jarak pada setiap komunikasi jadi penting. Droplet percikan ludah atau lendir saat bersin batuk bisa sejauh 1,5 meter menyebar. Jarak itu yang kita jaga. Kurang lebih itu kita pertahankan. Siapa pun mereka yang bawa virus ini tidak tampak sebagai orang sakit," jelas Yuri.

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat harus tetap menerapkan pola hidup bersih. Sering-sering cuci tangan dan makan makanan yang bergizi.

Social Distancing Diklaim Sukses Diterapkan di DKI, Anies: Alhamdulilah Bisa Dikendalikan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati