logo


Minta Segera Periksa Ketika Alami Gejala Influenza, Pemerintah: Tidak Perlu Menebak-nebak Sendiri

Yuri meminta masyarakat memahami penyakit virus corona

25 Maret 2020 18:30 WIB

Achmad Yurianto
Achmad Yurianto Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto, meminta masyarakat memahami penyakit virus corona (Covid-19). Yuri meminta masyarakat yang mengalami gejala sakit seperti influenza untuk segera memeriksakan kesehatannya.

"Kami berharap masyarakat paham betul tentang penyakit ini, sehingga tidak perlu ada kepanikan, manakala kemudian merasa dirinya tak enak badan dengan gejala mirip influenza, maka kita berharap mereka harus segera mengakses layanan kesehatan untuk berkonsultasi," ujar Yuri saat konferensi pers di BNPB, Jakarta, Rabu (25/3).

Ia juga meminta masyarakat yang sakit untuk menggunakan masker ketika batuk atau bersin.


Tambah 105, Ada 790 Kasus Positif Corona

"Sudah barang tentu gunakan masker agar pada saat batuk saat bersin tak menyebarkan ke mana-mana, konsul ke petugas kesehatan terdekat mulai dari puskesmas, rumah sakit dan seterusnya," imbuhnya.

Ia meminta masyarakat tidak menebak-nembak penyakit yang dideritanya, biarkan tenaga medis yang menentukan.

"Nanti tenaga kesehatan yang akan mampu memeriksakan secara lebih detail, bahkan kemudian menentukan pemeriksaan lanjut yang perlu dilakukan. Bisa saja ini disebabkan oleh COVID-19, tapi bisa juga bukan COVID-19. Oleh karena itu, tidak perlu menebak-nebak sendiri, bahwa dirinya adalah sakit COVID-19. Sebaiknya berkonsultasilah karena dengan cara demikian kita dapat informasi yang benar, informasi yang tepat, dan kemudian bisa ambil langkah benar, tepat tanpa ada kepanikan," pungkas Yuri.

700 Ribu Orang Berisiko Terinfeksi Covid-19 di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata